Nov 25, 2015

Karena hari ini blogging sudah tak lagi semudah dulu.

Blogging should be my middle name.

Karena kalau dipikir-pikir sampai hari ini ada lebih dari sepuluh blog yang pernah saya buat. Iya, SEPULUH. Dari mulai yang isinya curhat, puisi, katalog, majalah, sampai tentang kerajinan tangan, karya seni serta warna-warninya kehidupan saya sehari-hari. Dan walaupun sudah banyak sekali blog yang saya buat dan ada beberapa yang membuka jaringan pertemanan baru, namun baru lewat blog saya yang terakhir ini saya merasa seperti menemukan arahan baru yang sangat menarik dan inspiring dalam hidup saya.

Terinspirasi dari blog-blog desain, craft dan art di luar sana saya ingat sekali waktu mulai membuat kolase selama berbulan-bulan di tahun 2008. Setelah kira-kira merasa cukup banyak karya kolase yang saya buat, kemudian saya mengajak dua orang teman untuk berpameran dan membuat workshop kolase selama akhir pekan di sebuah ruang di Kemang, Jakarta Selatan. Dan kira-kira beberapa minggu setelah itu saya langsung membuka toko kolase online saya di etsy (www.etsy.com) yang merupakan portal artist, crafter dan penjual barang vintage terbesar di Amerika dengan satu seri kolase berjumlah sepuluh buah.

Waktu itu tentu saja lebih besar modal nekatnya karena saya merasa lebih baik langsung terjun saja daripada menunggu lebih lama. Dan ternyata itu keputusan yang tepat, karena dari sebuah toko online ini saya mendapatkan banyak sekali teman, ilmu, pertukaran karya juga materi membuat karya serta tawaran pameran serta order dari mancanegara. Terus terang saya juga tidak menyangka akan sepositif ini feedback yang saya terima walaupun memang saya sadar kalau etsy adalah komunitas yang paling tepat untuk membuka toko online saya karena disana pembeli dan pembuat karya seperti saya sudah memiliki pengertian dan apresiasi yang kurang lebih sama sehingga saya tidak lagi mesti menjelaskan banyak hal tentang karya saya seperti di Indonesia. Tapi bukannya lantas saya tidak tertarik untuk menjual karya saya di Indonesia, tapi saya senang sudah memutuskan belajar bisnis online dengan memulainya untuk pasar internasional dulu. Setidaknya saya sudah memulainya, itu yang lebih penting menurut saya.

Sehingga sampai hari ini selain saya mendapatkan beberapa custom order untuk karya kolase saya termasuk yang akan dipamerkan di New York tahun ini, saya juga sempat mendapat wholesale order untuk sebuah art boutique di Esplanade, Singapura dua tahun lalu. Maksud saya, untuk seseorang yang memulai dan belajar semuanya sendiri dari nol, saya pasti tidak akan menjadi seoptimis ini bila ternyata feedback yang saya dapatkan dari toko dan blog saya tidak seluar biasa ini. Dan sekarang saya juga sudah mendapatkan banyak teman baru lewat blog saya dari sesama artist atau crafter di Indonesia juga Jakarta dimana kami bisa saling bertukar info, karya juga membuat kegiatan bersama-sama. Semuanya diawali dengan beberapa blog yang saya buat entah sudah berapa jumlahnya tadi.

Ika Blogging Vantiani


1 comment:

I. Widiastuti said...

Rasanya sekarang tetap nge-blog adalah sebuah kemewahan, juga blogwalking.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...